Click the Corner
logo mahkamah agung
Berita dan Informasi

Fokus Pengumuman

Berita Terkini

Pengadilan Agama Pasir Pengaraian Ikuti Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI bagi Jajaran 4 (Empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia secara Zoom

Jumat 19 Juli 2024 – Sekretaris Pengadilan Agama Pasir Pengaraian, Bapak Efendi, S.Ag., M.H., bersama Kasubbag PTIP menghadiri Kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI bagi Jajaran 4 (Empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia secara Zoom Meeting.

Kegiatan pembinaan dilaksanakan dua hari dari tanggal 18 -19 Juli 2024 betempat di Prime Park Hotel & Convention, Lombok, dengan materi berupa pembinaan bidang teknis dan administrasi yudisial serta pengawasan oleh Pimpinan MA dan Pembinaan oleh Pejabat Eselon I MA sesuai bidang masing-masing sesuai surat undangan Nomor 64/WKMA.NY/UND.HM3.1.2/VII/2024 tanggal 9 Juli 2024.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, para Ketua Kamar, Hakim Agung, Hakim Ad Hoc, Panitera Mahkamah Agung, Sekretaris Mahkamah Agung, serta pejabat lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan delapan hal penting yang harus menjadi perhatian warga peradilan di seluruh Indonesia. Tidak terlibat aktivitas judi online. Pemberlakuan Aplikasi e-Court untuk Kasasi dan Peninjauan Kembali. Beliau menekankan pentingnya quality control dalam pengiriman berkas elektronik melalui Sistem Informasi Perkara Pengadilan (SIPP). Penerapan aplikasi SMART MAJELIS. Sistem Case early detection, pendeteksian dini untuk menghindari disparitas penjatuhan putusan. Implementasi Perma tentang Lingkungan Hidup untuk memastikan pengambilan keputusan yang tepat dalam perkara lingkungan. Ketua Mahkamah Agung meminta Tutor dan Mentor agar benar-benar bisa memberikan bimbingan kepada para calon hakim selama mereka menjalani masa magang, baik terkait dengan bidang tugas dan pekerjaan, maupun terkait dengan etika dan perilaku. CPNS Mahkamah Agung dan empat badan peradilan di bawahnya wajib mengikuti pelatihan dasar dalam jangka waktu 1 tahun sejak ditetapkan sebagai CPNS. Pimpinan pengadilan, Panitera, dan Sekretaris dituntut memiliki kompetensi di bidang manajerial dan administrasi.

Di akhir sesi pembinaan, Sekretaris Mahkamah Agung Sugiyanto, S.H., M.H. memberikan pembinaan dengan mengangkat topik Pelaksanaan Pengendalian Gratifikasi pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya. Beliau menjabarkan Petunjuk Teknisnya. Beliau menasihati peserta pembinaan untuk selalu bersyukur atas penghasilan yang diterima. Jaga diri dan keluarga dari perbuatan yang menyalah.

 

 

 

 


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Mahkamah Agung RI tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.5), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas